Jumat, 01 Mei 2009

Perintah-Perintah Umum Analisis Jaringan dan Internet

Pada tahun 1972, lembaga riset Departemen Pertahanan Amerika Serikat, DARPA (Defense Advance Research Project Agency) telah berhasil membangun jaringan komunikasi data antar komputer pertama di dunia yang kemudian diberi nama ARPANET. Sejak saat itu, aplikasi-aplikasi yang digunakan untuk jaringan dan internet mulai dibuat dan diminati. Aplikasi internet yang pertama kali ditemukan adalah FTP, menyusul kemudian email dan telnet. Dunia pemrograman jarngan dan internet menjadi semakin ramai sekitar tahun 1990-an sampai sekarang seiring dengan ramainya penggunaan internet.

Jaringan TCP/IP termasuk internet pertama kali dibangun di atas platform UNIX. Pemrograman jaringan di dalam sistem operasi UNIX menggunakan standar pustaka yang disebut dengan Socket. Microsoft Windows sebagai sebuah sistem operasi yang mendukung protocol TCP/IP pun kemudian menggunakan standar ini. Dalam Windows, implementasi socket ini diberi nama WinSock. Tanpa socket, sebuah sistem operasi tidak akan dapat mengimplementasikan protocol TCP/IP. Penguasaan akan WinSock menjadi pintu gerbang bagi seorang programmer jaringan di lingkungan sistem operasi Windows.

Perintah-perintah di bawah ini berguna untuk menganalisa dan memperbaiki masalah-masalah yang berhubungan dengan jaringan dan internet. Beberapa dari perintah-perintah tersebut hanya dapat bekerja pada sebuah server dengan sistem operasi Microsoft Windows.













































Perintah

Kegunaan

Keterangan

arp

Melihat ARP (Address Resolution Protocol) cache pada interface komputer lokal.


hostname

Menampilkan nama host komputer lokal.

Hanya pada server Windows.

ipconfig

Menampilkan konfigurasi jaringan TCP/IP dan DHCP, mengalokasikan, menampilkan dan mendaftarkan nama DNS.


nbtstat

Mengecek keadaan NetBIOS yang dipakai dalam koneksi jaringan TCP/IP, mengupdate nama NetBIOS cache dan menentukan registrasi nama dan scope ID.


netstat

Menampilkan statistik koneksi pada jaringan TCP/IP


nslookup

Mengecek record, domain host aliases, domain host services dan informasi sistem operasi dengan proses query DNS.

Hanya pada server Windows.

ping

Mengirim ICMP Echo Requests untuk mengecek apakah konfigurasi TCP/IP sudah benar dan sistem TCP/IP pada remote host ada atau tidak.


tracert

Trace path jalur penyampaian data kepada remote host.


pathping

Trace path pada remote host dan melaporkan paket yang hilang pada masing-masing router sepanjang jalur pengiriman data.

Hanya pada server Windows.

route

Menampilkan tabel routing IP serta menambah atau menghapus rute IP.



Sintaks lengkap masing-masing perintah dapat dilihat dengan cara mengetik: /help.


0 komentar: